• PONDOK PESANTREN ZAMIGA
  • Zaman IPTEK Generasi Agamais (ZAMIGA)

Sejarah Singkat

http://zamiga.ponpes.id/read/19/sejarah-pendirian-pesantren-zamiga

SEJARAH SINGKAT PONPES ZAMIGA

  1. Latar Belakang

Pendidikan merupakan  salah satu wadah untuk mewujudkan generasi islami yang beriman dan bertaqwa dan berakhlakul karimah. Juga membebaskan manusia dari kebodohan dan sekaligus meningkatkan harkat, derajat dan martabat manusia.  Sehingga dengan keahlian dan keterampilan yang mereka miliki mampu mengemban amanah sebagai khalifah di muka bumi ini.

Oleh karena itu, pendirian Yayasan Pendidikan Pesantren dan Teknologi  Informatika - Zaminul Ghairi (YPPTI-ZAMIGA), membuka pendidikan Pesantren Terpadu Zaminul Ghairi  (Zamiga).  Didirikan sejak  tahun 2014, dengan membuka pendidikan tingkat  tsanawiyah. Tidak hanya dititik beratkan pada segi ilmu pengetahuan, dan keterampilan saja, tetapi juga mendidik siswa untuk menjadi manusia yang berilmu, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.


Pendirian Pesantren Zamiga  sekaligus  memperluas dan mendekatkan akses pendidikan agama pada masyarakat sekitar. Begitupun bagi anak didik  yang jauh dari pesantren apalagi yang kurang mampu dan anak yatim dapat melanjutkan pendidikan ke Pesantren Zamiga dengan keringanan biaya dan disediakan asrama

Kurikulum yang diterapkan, adalah kurikulum perpaduan antara kurikulum Pesantren, Kementerian Agama dan Dinas Pendidkikan serta ditunjang dengan keterampilan Komputer  dan kursus lainnya.

  1. Sejarah Pendirian

Pesantren Modern Terpadu ZAMIGA (Zaminul Ghairi) Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat,  didirikan tahun 2014 oleh Yayasan Pendidikan Pesantren dan Teknologi Informatika- Zaminul Ghairi (YPPTI- ZAMIGA). Awalnya berasal dari Lembaga Pendidikan Keterampilan Tria Course Center (LPK TRIA) PARIT, yang menyelenggarakan kursus komputer,B. inggris, B. arab dan bimbel sejak tahun 2005.


Pesantren Zamiga, membuka pendidikan tingkat Tsanawiyah (MTs PP Zamiga) sejak 2014. Juga dilengkapi dengan pendidikan non formal seperti MDA dan TPA serta lembaga kursus LKP TRIA.


 Kini, sejak TP 2016/2017 yang lalu, Pesantren Zamiga membuka satuan pendidikan  tingkatan SLTA yakni SMK. Dengan bidang  keahlian yang dibuka adalah  Teknologi Informatika (teknik komputer jaringan) , Administrasi Perkantoran dan Teknik Otomotif TBSM


Kurikulum yang diterapkan adalah perpaduan antara Pesantren modern, Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan serta terpadu dengan keterampilan kursu seperti komputer, B. Inggris,  Bahasa Arab dan bimbingan belajar.

   Dengan demikian, tamatannya diharapkan akan mampu berkompetensi baik dalam dunia kerja maupun dalam memasuki perguruan tinggi ataupun terjun ke tengah masyarakat


     Sebab sebagai sekolah berbasis pesantran, selain memiliki keterampilan keagamaan, seperti praktek ibadah, tahfidz qur’an, tilawah, tartil, pidato, kultum dan percakapan 3 bahasa dan khutbah. Para santri juga dibekali komputer perkantoran, mengetik cepat 10 jari, kursus b inggris & b arab serta banyak kegiatan ekstra seperti Seni Rebana, kaligrafi, seni tari, dram band, pramuka, ol. raga, senam, dan lainnya.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Identitas Pondok Pesantren

Profil Lembaga Pondok Pesantren   1. Data Umum   a. Identitas Lembaga       Nomor Statistik Ponpes : 500013120025    

06/12/2020 10:08 - Oleh Irti Zamin - Dilihat 156 kali
Slogan

Zaman Iptek, Generasi Agamais (ZAMIGA)

06/12/2020 08:30 - Oleh Irti Zamin - Dilihat 138 kali
Struktur Organisasi

Berikut Struktur Organisasi

06/12/2020 08:29 - Oleh Irti Zamin - Dilihat 139 kali
Visi dan Misi

  VISI MISI PESANTREN ZAMINUL GHAIRI PONPES ZAMIGA   Visi Mewujudkan Generasi Islami yang beriman dan bertaqwa, berakhlaqul Karimah,  menguasai IPTEK, mandiri dan berjiwa

07/05/2020 05:09 - Oleh Irti Zamin - Dilihat 154 kali